Creative Content

Inspiring People

Creative Toolset

» » » » » Cara kreatif untuk mempromosikan bisnis (Indonesian Language)




Introduksi

Mengapa penting mempromosikan bisnis mu? Begini analoginya, kamu seorang mahasiswa yang jago gambar, kamu tahu dan yakin bahwa kemampuan kamu menggambar itu mumpuni, mama kamu juga bilang gitu. Di kampus kamu ada juga yang bisa gambar (misal namanya si A), tapi kamu tau dia ga sejago kamu. Tapi dia sering dengan sengaja memamerkan karya-karyanya entah di mading, majalah kampus, dll. Sedangkan kamu seringnya cuma gambar-gambar di belakang buku/notes kamu. Meskipun gambar kamu lebih bagus, orang-orang akan lebih mengenal siapa? Si A kan? Artinya sebagus apapun karya kamu ga akan bisa dinilai/memiliki nilai kalau kamu tidak mempromosikannya ke orang lain. Sama halnya dengan bisnis/usaha kita. Sebagai orang kreatif, kadang kita hanya lebih berfokus kepada produk. That’s it. Padahal masih banyak yang lebih penting dari itu, salah satunya adalah pemasaran. Bagaimana memasarkan produkmu agar orang lain tau? Promosikan produk atau usahamu.

Aqua. Kenapa Aqua? Karena menurut saya Aqua adalah salah satu produk yang berhasil mempromosikan nama produknya dengan baik. Pernah ga kamu mau beli air di warung/kios trus bilang: “Bang, beli air mineral gelas dong”. Ga pernah kan? Pasti kamu bilangnya: “Bang, beli Aqua dong”. Itulah mengapa kita penting mempromosikan produk. Agar orang lain tahu dan sadar akan produkmu, dan orang lain akhirnya percaya sama produkmu (tentunya dengan kualitas produkmu yang terjaga), dan akhirnya ketika orang tersebut ingin membeli lagi produk seperti itu, maka yang akan dicari adalah produkmu.


Bagaimana cara mempromosikan produk?

Salah satu cara terampuh yang saat ini terbukti meningkatkan penjualan adalah dengan cara beriklan di TV. Tapi tentu saja itu tidak murah. Kamu akan perlu mengeluarkan uang puluhan atau ratusan juta rupiah hanya untuk beberapa detik iklanmu tayang di TV. Bagaimana dengan koran/media cetak? Koran atau media cetak cenderung memiliki pembaca tetap, namun meskipun tidak semahal beriklan di televisi, beriklan di koran/media cetak juga mahal. Lalu bagaimana cara mempromosikan produk yang murah? Internet.




Bagaimana peranan Internet untuk mempromosikan Produk atau Usaha?

Internet itu gratis, siapapun dapan mengakses internet, bahkan saat ini, kamu bisa menemukan internet dimanapun, bahkan ketika kamu sedang pup kamu masih bisa buka internet. Banyak cara untuk mempromosikan produkmu di Internet. Entah itu beriklan di situs populer dengan memasang banner kecil, ataupun menggunakan situs jejaring sosial untuk mempromosikan produk (yang terkadang sangat mengganggu). Namun itu masih sangat biasa, ada beberapa cara lain yang menurut saya lebih kreatif untuk mempromosikan produk/usaha di internet. Berikut ini adalah beberapa cara kreatif untuk mempromosikan bisnis/produkmu di internet:

1. Game
Siapa sih yang ga suka main game? Pasti hampir semua orang suka main game, tua, muda, anak-anak. Nah karena itulah game juga merupakan salah satu cara kreatif yang dapat kita gunakan sebagai ajang untuk promosi. Salah satu contoh promosi menggunakan game:
Ada beberapa studio yang membuka jasa dibidang ini salah satunya adalah: http://marketingplay.com



2. Explainer Video
Explainer video adalah salah satu cara terampuh yang dapat digunakan dan memang terbukti dapat meningkatkan penjualan. Salah satunya bisnis startup yang berkembang karena menggunakan Explainer Video adalah Dropbox. Dropbox adalah situs penyedia layanan penyimpanan data yang memungkinkan penggunanya untuk mengupload dan menyimpan data di server mereka (cloud computing) sehingga dapat diakses dimanapun. Namun akan sangat sulit untuk menjelaskan hal tersebut pada customer. Coba lihat video mereka menjelaskan produk mereka dengan menggunakan explainer video sebagai berikut:


Keuntungannya adalah kamu dapat menggunakan explainer video bukan hanya untuk promosi (misal di youtube, twitter, facebook, dll) tapi video tersebut juga dapat kamu gunakan untuk presentasi kepada calon investor/client, sehingga calon investor/clientmu akan mudah untuk mengerti produkmu dan kamu tidak perlu menjelaskan produkmu secara berulang-ulang ke calon investor/clientmu yang lain. Mudah bukan?

Ada beberapa production house yang membuka jasa dibidang ini, salah satunya adalah Vaganza Publications (www.vaganzapublications.com) dan yang punya orang Indonesia.


3. Infographics
Infographic sebenarnya mirip dengan Explainer Video, bedanya, infographic bukan menggunakan media video, tapi menggunakan media gambar. Karena menggunakan media gambar, penjelasan infographics tidak akan semudah Explainer video yang menggunakan media audio visual, namun demikian patut dicoba karena biaya untuk pembuatan Infographic lebih murah dibandingkan dengan Explainer Video. Ada beberapa situs yang menyediakan pembuatan Infographic, salah satunya adalah: http://create.visual.ly



Itu adalah beberapa tips untuk promosi bisnis yang lebih kreatif, dan saya kira masih jarang digunakan, terutama di Indonesia. Menurut teman-teman gimana? Kalo punya ide lain boleh di share :)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

1 komentar:

  1. Awesome!
    Ruman Topi is one of UNAIR's creative business. This article is such a help for us! plaese check us on :
    http://news.unair.ac.id/en/2016/01/01/rumah-topi-creative-business-unair-students/

    BalasHapus